Sunday 21 April 2013

Manfaat Lengkuas

lengkuas Manfaat Lengkuas
          Lengkuas adalah salah satu bumbu dapur untuk menyedapkan masakan, Lengkuas tumbuh di daerah asia tenggara dan paling banyak didaerah Thailand dan Indonesia. Dalam bahasa asingnya Lengkuas di sebut Alpinia galanga. Lengkuas termasuk dalam keluarga Jahe, tanaman ini juga dimanfaatkan oleh orang china untuk pembuatan obat.

Klarifikasi Lengkuas
Kingdom: Plantae
(unranked): Angiosperms
(unranked): Monocots
(unranked): Commelinids
Order: Zingiberales
Family: Zingiberaceae
Subfamily: Alpinioideae
Tribe: Alpinieae
Genus: Alpinia
Species: A. galanga

Selain sebagai bahan atau bumbu masakan, lengkuas juga memiliki fungsi lain yang membantu untuk kesehatan tubuh manusia.

Manfaat Lengkuas Untuk Kesehatan 
  1. Antioksidan => Lengkuas bisa mencegah radikal bebas karena memiliki antioksidan yang bagus untuk kesehatan tubuh dan daya tahan tubuh menjadi lebih kuat.
  2. Mengobati Reumatik => Zat yang terkandung dalam lengkuas bisa menyembuhkan reumatik dan arthritis
  3. Menyembuhkan Diare => Diare itu disebabkan oleh salah pola makan dan racun atau bakteri yang ada didalam tubuh dengan lengkuas bisa membuat diare sembuh
  4. Menyembuhkan Sakit Limpa => Walaupun kecil tetapi manfaat lengkuas sungguh bagus untuk penyakit limpa, bila di gunakan  secara teratur
  5. Menambah Nafsu Makan => Setelah sakit atau lagi tidak enak badan karena capek kadang membuat nafsu makan kita berkurang dan itut tidak baik untuk tubuh kita. Lengkuas salah satu obat yang bisa mengembalikan masalah nafsu makan
  6. Melancarkan Aliran Darah => Bila aliran darah lancar kesehatan manusia akan baik, tetapi bila terjadi pemasalahan dengan aliran darah akan timbul banyak penyakit yang berbahaya bagi tubuh. Lengkuas bisa membantu melancarkan alitaran darah secara alami.
  7. Menyembuhkan bisul => Bisul tumbuh karena ada infeksi atau darah kotor yang berasal dari dalam tubuh, bisul membuat orang kurang percaya diri, zat yang terkandung didalam lengkuas bisa mengobati penyakit bisul.
Semoga manfaat lengkuas bisa membuat kita lebih mengerti akan salah satu fungsi tanaman ini. Bila dengan membaca kita bisa menyadari ternyata lengkuas memiliki khasiat yang penting untuk tubuh kita. Karena itu penanaman lengkuas di sekitar rumah sangatlah penting disamping untuk bumbu dapur juga untuk kesehatan kita.

Ditulis Oleh : blogging ~ Tips dan Trik Blogspot

Christian angkouw Sobat sedang membaca artikel tentang Manfaat Lengkuas. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

:: Get this widget ! ::

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment